Cara Mendapat Penghasilan Dari Blog

Mendapatkan penghasilan dari internet menjadi salah satu solusi masa kini, yang mana harga dari fasilitas untuk akses internet sudah semakin terjangkau. Bahkan hampir semua umur dari balita hingga kakek-nenek menikmati fasilitas yang disajikan dengan media internet. Sehingga terdapat korelasi antara kebutuhan dan ladang pendapatan. Yaitu salah satunya mendapatkan uang.

Termasuk menjadi seorang Blogger, sangat berpotensi menjadi kaya raya dari hasil nge-blog yang disertai monetisasi. Tentunya perjalanan untuk mendapatkan hasil, tidaklah sembarangan. Karena penghasilan akan didapat melalui kerja keras dan ketekunan.

Beberapa cara berikut ini kami rangkum untuk memonetisasi blog anda agar dapat berpenghasilan. Anda dapat menemukan berbagai model dan tips untuk mendapatan penghasilan dari kegiatan online dan strategi populer untuk meraih penghasilan dari blog yang Anda kelola. 

Apabila Anda sudah memiliki blog atau situs, atau baru-baru ini ingin memulainya, no problem, karena tidak pernah ada kata terlambat untuk meraih penghasilan dan kesuksesan dari blog atau situs web Anda. Ada beberapa cara untuk memonetisasi blog. dalam artikel ini kami akan membahas berbagai model dan tips untuk meraih pendapatan online dan strategi paling populer dalam monetisasi konten digital.

Baiklah kita akan mulai dari dasar. Apa sih yang dimaksud dengan monetisasi? sederhananya, monetisasi adalah cara meraih penghasilan dari situs Anda. Sebagai contoh ketika anda memperoleh pendapatan dari konten online dari blog Anda. Dan untuk mulai meraih pendapatan dari blog Anda, ada beberapa model bisnis online yang dapat anda coba:

  • Periklanan
  • Afiliasi
  • Penjualan produk
  • Langganan, dan
  • Pelatihan

Selanjutnya, pertanyaan yang muncul adalah tentang bagaimana cara memanfaatkan model bisnis di atas untuk dapat menghasilkan pendapatan? Mari kita bahas debih detailnya dalam rangkuman berikut ini.

  • Periklanan

Seorang blogger yang aktif membuat konten digital, tentunya anda dapat mendapatkan pendapatan yang bagus untuk konten online anda dari jasa periklanan. Pengiklan akan bersedia membayar untuk mendapatkan eksposur ke audiens yang mengunjungi situs anda. Hal ini juga yang sudah berlaku sebagaimana surat kabar/media cetak dengan sirkulasi besar yang dapat mengenakan biaya yang lebih tinggi kepada pengiklan, semakin populer situs dan konten Anda, semakin besar penghasilan yang akan dapat anda raih.

Periklanan ini dapat anda tawarkan langsung pada ruang iklan di situs Anda kepada pebisnis yang ingin muncul di samping konten anda. Inilah yang disebut dengan pola penawaran langsung. Anda juga dapat menggunakan jaringan iklan Google AdSense untuk membantu menjualkan ruang pada situs untuk penayangan iklan. Sehingga ada semacam simbiosis mutualisme.

Adapun perihal Google AdSense adalah penayangan iklan relevan dengan konten yang muncul di halaman tertentu pada situs blog anda. Sebagai contoh, apabila situs blog anda adalah tentang pendidikan dan anda baru saja mengupload sebuah postingan tentang perjalanan seorang pelajar yang sukses diluar negeri, AdSense mungkin akan menampilkan iklan tentang penawaran beasiswa perguruan tinggi di luar negeri. Sebagai pemilik situs tempat iklan ditampilkan, AdSense akan memberikan bayaran kepada anda saat pengguna melihat atau berinteraksi langsung dengan iklan yang tayang

  • Afiliasi

Lebih dikenal dengan istilah Marketing afiliasi, yaitu saat anda menyertakan link dari konten anda ke sebuah produk atau layanan yang dijual oleh situs rang lain. 

Adapun sistem yang ada adalah pengunjung blog mengklik link di situs anda, membuka situs afiliasi, melanjutkan untuk membeli produk yang dipromosikan, anda mendapatkan komisi dari penjualan yang berhasil tersebut.

  • Penjualan produk

Memonetisasi blog yang satu ini tentunya mudah dipahami karena penghasilan akan didapat langsung dari penjualan produk anda sendiri yang anda tawarkan. Dewasa ini sudah banyak blogger mengukuhkan kehadirannya di platform e-commerce, bahkan membuat toko online sendiri dan mulai menjual produknya. Pola ini memberikan opsi dari produk-produk anda dalam bentuk fisik atau digital. Dalam bentuk fisik seperti tas, baju, kendaraan dan lain sebagainya. Adapun produk digital anda bisa menawarkan produk seperti E-book, software dan alinnya.

  • Langganan

Model ini berlaku bagi anda pemilik blog yang memiliki komunitas aktif yang ingin mengetahui topik blog anda yang bersifat berkelanjutan. langganan atau keanggotaan berbayar adalah cara lain dalam menggunakan konten berharga dari blog anda untuk menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang dan tentunya berkualitas. Hal ini dapat terjadi karena pelanggan akan membayar dengan jumlah tetap secara teratur, umumnya setiap bulan atau setiap tahun. Dengan mengumpulkan biaya langganan atau keanggotaan dari pembaca, Anda dapat menghasilkan pemasukan yang berulang atau berkelanjutan. Jenis aliran uang tunai yang berkelanjutan ini menawarkan potensi untuk aliran pendapatan yang lebih stabil, dapat diprediksi, dan akurat tentunya.

  • Pelatihan

Dunia digital, membuat orang awam tergiur untuk memulai dan merintis bisnis mereka dengan ikut berkecimpung didunia yang mereka belum tahu. Kondisi dan trend inilah yang dapat menjadi lahan bago para blogger untuk menawarkan jasa atau layanan pelatihan. Tidak hanya berurusan soal dunia digital, anda juga dapat berkolaborasi dalam beragam pelatihan. Anda dapat meraih pundi-pundi uang dengan menyiapkan paket pelatihan atau kursus online dan mengenakan biaya untuk membayar paket tersebut.

Baiklah demikian rangkuman cara mendapatkan penghasilan dari blog. Semoga bermanfaat.

Blogger


Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *